...

Jangan Sepelekan Radang Gusi

with 0 Comment
Radang gusi adalah penyakit periodontal yang sangat umum dan mudah diobati yang menyebabkan iritasi, kemerahan dan pembengkakan. Radang gusi bisa begitu tidak terasa atau mungkin Anda bahkan tidak dapat menduga bahwa Anda sedang mengalami radang gusi. Namun, sangat penting untuk mengobati penyakit ini dengan cepat dan menganggapnya lebih serius. 

Radang Gusi
Radang Gusi
Radang gusi yang tidak diobati dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti periodontitis (penyakit peradangan yang mempengaruhi jaringan yang mengelilingi dan mendukung gigi) dan bahkan kerusakan gigi. Ada juga ancaman radang gusi ulseratif necrotising akut. Gejala yang sering di alami penderita radang gusi yang akut adalah demam, gusi terasa sangat sakit, kesulitan menelan atau bernapas, jika anda mengalami gejala tersebut segera hubungi dokter Anda, karena dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius yang di sebabkan oleh radang gusi.

Penyebab paling umum dari Radang gusi adalah kebersihan mulut yang buruk yang mengarah ke terbentuknya Tartar pada gigi. Menyikat gigi dan flossing secara teratur membantu mencegah dari pembentukan tartar, tapi setelah tartar itu terbentuk pada gigi, menyikat gigi dan flossing tidak membantu oleh karena itu dokter gigi yang harus turun tangan dalam membersihkan karang gigi. Namun jika anda tidak sempat ke dokter untuk membersihkan karang gigi anda dapat membaca artikel saya tentang cara membersihkan karang gigi yang dapat di lakuka di rumah, namun cara itu hanya untuk karang gigi yang belum lama terdapat pada gigi anda. Semakin lama tartar menempel pada gigi anda, maka semakin mengiritasi bagian dari gusi yang berada dekat pada pangkal gigi. Secara bertahap, gusi menjadi bengkak dan sering berdarah.

Ada banyak faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Radang gusi, seperti kebersihan gigi yang buruk, merokok, diabetes, usia lanjut, sistem kekebalan tubuh lemah, lendir pada mulut kering, nutrisi yang tidak memadai atau, penyalahgunaan makanan tertentu, seperti banyak mengkonsumsi permen.

gusi sehat tegas dan sedikit merah muda. Jika gusi Anda bengkak, merah dan mudah berdarah, Anda mungkin memiliki Radang gusi. Ketika radang gusi sudah mulai menyakitkan, anda harus dengan cepat dan sesring mungkin membersihkan seluruh bagian mulut anda.

Gejala yang termasuk pada radang gusi adalah:

  •     gusi bengkak
  •     dalam kasus-kasus langka mungkin ada rasa sakit pada gusi
  •     gusi sering berdarah saat menyikat gigi atau flossing
  •     perubahan warna gusi dari merah muda sedikit menjadi merah tua
  •     bau mulut juga merupakan tanda Radang gusi.

Diagnosis radang gusi sederhana :

dokter gigi biasanya diagnosis penyakit berdasarkan keluhan dan pemeriksaan mulut, gigi dan gusi pasien. Pemeriksaan yang lebih rinci mungkin diperlukan jika penyebab Radang gusi sulit untuk diketahui.

Sebuah pengobatan yang tepat dengan cepat mengurangi gejala radang gusi serta mencegah dari kemajuan yang mengarah ke penyakit gigi dan periodontal yang lebih serius. Bantuan dari dokter gigi diperlukan ketika merawat Radang gusi dokter gigi dapat menentukan apakah Anda memiliki Radang gusi yang parah serta dokter gigi pun dapat membersihkan karang gigi dengan sangat baik, juga dapat membimbing anda dalam menjaga kebersihan mulut yang tepat. Anda harus mengunjungi dokter gigi sebelum Anda mulai merasakan gejala yang cukup menyiksa dari radang gusi. pemeriksaan pencegahan dan pembersihan secara teratur dari tartar dapat membantu mencegah radang gusi dan penyakit mulut lainnya. Anda harus menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela gigi dengan benang gigi Anda setidaknya sekali sehari serta menggunakan obat kumur antiseptik jika direkomendasikan oleh dokter gigi.

Radang gusi biasanya hilang setelah anda membersihkan karang gigi dan mengikuti kebiasaan kebersihan mulut yang tepat. Perubahan warna, pembengkakan dan peningkatan sensitivitas gusi hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Jadi, setelah mengobati radang gusi dan melakukan kebiasaan kebersihan mulut yang baik Anda tidak akan lagi terganggu oleh sensitivitas pada gusi dan akan dapat tersenyum dengan indah lagi.

Beberapa tips tentang cara menyikat gigi dengan benar:

  1. Gunakan sikat gigi yang lembut.
  2. Sikat gigi minimal dua kali sehari, di pagi hari dan di malam hari, dan gunakan benang pembersih gigi, terutama pada saat membersihkan gigi pada malam hari.
  3. Tidak ada jangka waktu yang pasti, tetapi Anda harus menyikat gigi sampai bersih.
  4. Sikat gigi stroke vertikal dari garis gusi ke arah gigi Anda. Hindari gerakan melingkar.
  5. Pegang sikat gigi Anda secara horizontal dan beralih ke posisi vertikal hanya ketika menyikat bagian dalam gigi depan.
  6. Tempatkan sikat gigi terhadap gigi sekitar 45 derajat.
   

Penyebab Skarlatina Atau Scarlet Fever dan Cara Menanggulanginya

with 0 Comment
Penyebab skarlatina atau scarlet fever
Penyebab skarlatina atau scarlet fever
Anak-anak sangat aktif oleh karena itu, mereka mereka lebih berpeluang besar terjangkit pilek, dan menderita batuk dan hidung meler. Sakit tenggorokan adalah salah satu keluhan yang paling umum di antara anak-anak, tetapi apakah Anda tahu bahwa itu tidak selalu karena udara dingin? Sakit tenggorokan juga bisa menjadi tanda Skarlatina atau infeksi streptokokus lainnya. Mereka bisa terjangkit hampir di mana saja, karena dengan menghirup udara yang terkontaminasi itu cukup untuk anak anda terinfeksi. Sekitar 3.000 orang yang didiagnosis dengan Skarlatina setiap tahun di Indonesia saja. Skarlatina adalah penyakit  sangat serius yang dapat menjangkiti anak anak oleh karena itu setiap orang tua harus menyadari informasi di bawah ini untuk memastikan anak-anak mereka terlindungi dari Skarlatina.

Apa itu Skarlatina dan apa saja gejala dari Skarlatina?

Skarlatina atau disebut juga scarlet fever merupakan penyakit infeksi akut, yang memiliki gejala yang sangat mirip dengan tonsilitis (radang amandel). Namun, Skarlatina dapat dengan mudah dikenali dengan adanya bintik bintik merah. Skarlatina, radang amandel dan infeksi kulit bernanah disebabkan oleh keluarga bakteri yang sama yaitu bakteri yang disebut streptokokus. Bakteri ini khusus karena mereka cenderung untuk diam pada nasofaring (rongga pernafasan) dan tidak selalu menyebabkan penyakit setelah memasuki suatu organisme. Meskipun Skarlatina dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, kemungkinan terbesar mempengaruhi anak-anak 5-15 tahun. Alasannya adalah bahwa sistem kekebalan tubuh manusia dan flora mikro alami terbentuk selama pertumbuhan. Dihadapkan dengan berbagai mikro-organisme, banyak orang mengembangkan kekebalan oleh karena itu, orang tua biasanya memiliki kekebalan terhadap Skarlatina. Anak-anak di bawah 2 tahun juga jarang mengembangkan infeksi ini karena mereka dilindungi oleh kekebalan yang diterima dari ibu mereka.

Hal ini penting untuk mengetahui bahwa Skarlatina dapat ditularkan tidak hanya oleh bakteri yang terhirup dari udara, tetapi juga melalui tangan kotor atau makanan yang tidak higienis. Bakteri Skarlatina dapat menular ketika orang yang terjangkit penyakit tersebatuk bersin atau berbicara. Bakteri ini cenderung menetap di berbagai barang rumah tangga, termasuk makanan. Salah satu cara yang terkenal dalam penularan penyakit Skarlatina adalah melalui luka dan bakteri tersebut masuk pada luka sehingga dapat menginfeksi darah. Oleh karena itu sangat penting untuk mengidentifikasi sumber infeksi jika anak mendapat gejala demam dengan kulit memerah.

Tanda-tanda pertama dari Skarlatina terjadi setelah masa inkubasi 1-7 hari dan bersifat umum:

  •     kenaikan suhu yang mendadak (mencapai 38 C atau lebih)
  •     sakit tenggorokan
  •     mual, muntah
  •     rasa sakit di kepala dan perut.

dan kemudian, biasanya setelah 2 hari, lidah akan terlihat merah dan jika seseorang mengalami skarlatina akan timbul ruam merah yang khas. Tubuh menjadi tertutup bintik-bintik merah kecil, yang membuat kulit tampak seperti terjemur ketika penyakit tersebut mulai lebih serius. Ruam dimulai pada leher, dada, dan menyebar ke seluruh tubuh dalam beberapa hari. Ruam pada penyakit skarlatina ditandai dengan kulit di sekitar mulut akan tetap seperti biasa namun kulit pada telapak kaki dan telapak tangan mulai mengupas secara luas setelah beberapa minggu.

Artikel terkait :

Apa resiko skarlatina dan bagaimana penanganannya?

Jika tidak diobati, skarlatina dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Jantung dan ginjal adalah organ yang paling mungkin untuk rusak. Dalam kasus skarlatina, ada dua hal yang penting: untuk memulai pengobatan tepat waktu dan untuk penyembuhan yang tepat adalah dengan cara medis yang di lakukan oleh seorang dokter. Obat yang paling biasa untuk Skarlatina adalah antibiotik yang telah terbukti sangat efektif. Namun, jika penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak benar, ada beberapa jenis streptokokus diketahui resisten terhadap antibiotik. Hal ini dapat mengakibatkan komplikasi dan bahkan kematian. Maka dari itu anda harus mematuhi antibiotik dan mengkonsumsi antibiotik yang sudah di sarankan oleh dokter anda

Bagaimana Anda dapat melindungi diri dan anak anda dari penyakit ini?

Sayangnya tidak ada vaksin terhadap Skarlatina, sehingga pencegahan cukup sulit. Namun masih banyak kemungkin untuk mengurangi risiko infeksi dengan mengambil semua tindakan pencegahan yang tepat. Untuk mencegah bakteri yang menjadi penyebab dari penyakit skarlatina memasuki tubuh Anda, penting untuk sering mencuci tangan Anda dan menempatkan benda tidak higienis di mulut Anda serta memakan makanan yang telah jatuh di tanah. Jika ada seseorang dalam keluarga yang menderita Skarlatina atau penyakit menular lainnya, maka anda perlu membuat ventilasi yang sangat baik di tempat anda dan hindari anak-anak dari kontak secara langsung dengan orang yang sedang mengalami penyakit ini.

Anak-anak adalah hadiah terbesar kita dan kita harus melindungi mereka dan mengajar mereka untuk melindungi diri mereka sendiri. Waspada, dan jika anak Anda mengeluh sakit tenggorokan atau jika Anda melihat ruam, jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda. Jika diresepkan dokter antibiotik, menjaga anak Anda dan pastikan dia mengkonsumsi antibiotik tersebut persis seperti yang diresepkan oleh dokter Anda. Hal ini tidak hanya membantu menghindari komplikasi berbahaya dari Skarlatina, tetapi juga akan membantu untuk melindungi anak-anak lain.

Cara Sederhana Ampuh Menurunkan Demam Anak

with 0 Comment
Sulit untuk melihat anak Anda menderita demam. Ini sangat menyedihkan bagi para orang tua termasuk saya juga, sehingga tak heran mengapa orang tua memilih obat alami  untuk membuat anak-anak mereka lebih nyaman selama pengobatan saat sakit dan demam.

Cara Menurunkan Demam Anak
Cara Menurunkan Demam Anak
Keluarga lebih mencari cara alternatif dan alami untuk menurunkan demam dan menyembuhkan penyakit umum.

Jadi, apa metode alami dapat membantu dalam menurunkan demam pada anak? Beberapa metode berikut mungkin terdengar sedikit seperti cerita mitos. Namun, sebagian besar orang yang mencoba metode ini mengklaim keberhasilan dalam menurunkan demam dan puas dengan hasilnya.

Tentu saja, obat demam ini dapat digunakan pada orang dari segala usia, tapi saya lebih merekomendasikan jika cara ini di gunakan kepada anak anak dan bayi.

Cara Menurunkan Demam Pada Anak

1.Putih Telur

Rendam saputangan atau handuk tipis ke dalam 2-3 putih telur. Terapkan ini ke kaki dan tutupi kaki dengan kaus kaki. Putih telur bekerja untuk membawa panas demam turun ke kaki bukan di kepala dan tubuh bagian atas. Anda dapat melihat hasil dari metode ini hanya dalam 30 menit sampai 1 jam. Tidak menutup kemungkinan bahwa dalam demam yang sangat tinggi putih telur bahkan akan mulai sedikit masak.

Jika Anda tidak memiliki telur di rumah, Anda juga dapat mencoba dengan bawang cincang atau kentang cincang diterapkan langsung ke kaki dan ditutup dengan kaus kaki.

2.Bawang Merah, Asam Jawa, dan Minyak Kelapa atau Minyak Telon

Anda dapat menggunakan ramuan yang anda bisa buat sendiri di rumah, cara ini sangat mudah dan cara yang paling sering saya gunakan jika anak saya demam. Cara membuat ramuan ini sangat mudah anda iris kecil kecil bawang merah campurkan dengan asam jawa dan minyak kelapa atau minyak telon, haluskan dengan cara meremasnya dengan tangan dan lulurkan ke badan anak anda secara menyeluruh kemudian biarkan.

3. Kompres

Jika anak anda sedang mengalami demam yang tinggi anda bisa mengkompres dahi anak anda dengan handuk basah, dalam metode mengkompres ada yang meenggunakan air hangat atau air dingin dan ini sebenarnya sama saja karena jika air hangat yang di pakai maka air hangat tersebut bekerja jika sudah mulai mendingin. Namun di masa modern seperti sekarang ini banyak sekali kompres untuk anak yang siap pakai, anda pun dapat mempergunakan produk tersebut jika ingin lebih praktis.
Artikel terkait :

4. Cuddle Waktu

Sentuhan manusia sangat berperan penting dalam penyembuhan. Pastikan anda lebih banyak waktu untuk menghibut anak anda ketika sakit, karena dengan membuat mereka lebih nyaman dan tetap senang itu akan membuat anak anda lebih cepat sembuh. Dan jika anda di perlukan memakai obat dengan resep dokter untuk mengobati anak anda yang sakit alangkah lebih baiknya jika anda memberikan obat tersebut dengan pelan pelan, jangan memaksa terlalu keras pada saat memberikan obat karena dapat menyebabkan anak anda trauma.

Tips tambahan :

Jika anak anda berkeringat usahakan agar baju yang dia kenakan tidak basah oleh keringat, anda bisa mengganti baju anak anda sesering mungkin agar dapat menjaga baju yang anak anda kenakan tetap kering. 

Jangan pernah membiarkan anak anda tanpa pakaian dalam jangka waktu lama karena akan menyebabkan anak anda menggigil.

Pakaikan pakaian yang tidak terlalu tebal untuk menjaga agar badan anak anda tidak tambah panas.

Selain  cara pengobatan di atas, cairan adalah hal yang paling penting yang dapat Anda berikan kepada anak Anda ketika mereka mengalami demam, Karena jika anak anda demam secara otomatis akan mengeluarkan cairan dalam tubuh lebih banyak sehingga jika kita tidak memberikan asupan cairan secara seimbang maka ada kemungkinan anak anda akan mengalami dehidrasi.

Sekian artikel dari saya tentang cara ampuh menurunkan demam pada anak, mudah mudahan dengan artikel ini dapat membantu anda dalam mengobati anak anda yang sedang demam dan saya doakan agar anak anda cepat sembuh.




Kencur Dapat Mengatasi Batuk Pada Anak

with 0 Comment
Cara Mengobati Batuk Pada Anak
Kencur Dapat Mengatasi Batuk Pada Anak
Batuk pada anak memang menjadi salah satu penyakit pada anak yang tidak bisa di sepelekan, karena batuk itu sendiri dapat mempengaruhi kesehatan anak yang lainnya seperti sakit badan dan sesak nafas jika batuk tersebut berdahak. Dalam hal penanganan batuk pada anak kita mesti hati hati karena anak yang belum bisa secara benar dalam mengeluarkan dahak jika batuk tersebut berdahak akan membuat mereka mengalami tersedak akibat dahak itu sendiri dan ini yang harus kita waspadai karena dapat menimbulkan penyakit paru paru. Jika anak anda di rumah sedang mengalami batuk sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu batuk apa yang sedang anak anda derita.

Batuk yang sering terjangkit pada anak biasanya batuk kering, batuk berdahak dan batuk alergi. Untuk batuk kering dan batuk berdahak mungkin saya tidak perlu lagi menjelaskannya, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana batuk alergi dapat kita diagnosa, Batuk alergi biasanya terjadi karena anak mengkonsumsi makanan tertentu seperti susu sapi, anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi bukan hanya berdampak pada kulit yang memerah akan tetapi dapat menimbulkan batuk juga. Jika anak anda mengalami batuk alergi sebaaiknya anda tidak memberikan makanan yang dapat membuat alergi dia kumat. Namun jika memang anak anda sudah terlanjur mengalami batuk apapun jenis batuknya kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara meredakan batuk pada anak dengan menggunakan bahan alami.

Batuk pada anak bisa kita redakan dengan memanfaatkan kencur dan madu, kencur sangat baik bagi kesehatan dimana kencur sudah di pakai sejak lama dalam ilmu pengobatan tradisional dan memang sudah banyak yang membuktikan khasiat kencur untuk masalah gangguan kesehatan, dan madu adalah salah satu minuman yang sangat berkhasiat apalagi dalam penyembuhan, madu di sini pun berguna sebagai penambah stamina tubuh dan mempercepat dalam proses penyembyhan.

Cara mengobati batuk pada anak dengan menggunakan kencur dan madu ini sangatlah gampang, anda cukup menghaluskan kencur dan ambil airnya campurkan dengan madu dan tambahkan sedikit air hangat. Jika anda sudah membuat ramuan tradisional ini segera berikan kepada anak anda paling sedikit satu sendok makan dan lakukan cara ini tiga kali dalam sehari.

Cara mengobati batuk pada anak dengan memanfaatkan kencur dan madu ini juga sering saya gunakan pada saat anak saya sedang tekena batuk, dan hasilnya sangat memuaskan batuk anak saya reda dan dia pun cepat sekali pulih. Sekian artikel dari saya kali ini, dengan artikel ini saya berharap bagi anda para ibu sama seperti saya dapat memberikan wawasan tentang kesehatan anak dan cara penanggulangan jika anak anda terkena sakit batuk. Alangkah baiknya jika anak anda lebih diberikan obat obatan yang alami namun sudah terbukti khasiatnya karena dengan demikian anak anda dapat terhindar dari asupan bahan kimia.

Penyebab Jerwat Yang Kita Tidak Sadari

with 2 comments
Penyebab Jerawat
Penyebab Jerawat

Berdasarkan penelitia, banyak sekali orang frustrasi karena memiliki penampilan yang buruk akibat jerawat. Memiliki jerawat adalah hal yang sangat buruk dalam kehidupan Anda. Kita bahkan terkadang minder pada saat berinteraksi dengan orang lain terutama pada saat berinteraksi dengan lawan jenis. Selain itu terkadang kita juga jadi sangan malas dalam berinteraksi karena rasa minder akibat muka berjerawat. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengurangi jerawat anda dengan tips yang mungkin anda sendiri tidak memperayainya, tips ini memang memanfaatkan bahan alami sehingga lebih aman dan tidak ada efek samping.

Jangan khawatir jika Anda tahu apa penyebab dari jerawat maka Anda dapat membunuh atau menghilangkan jerawat dengan mudah sampai ke akar akarnya, bukan hanya itu jika anda mengetahui penyebab dari jerawat yang timbul di diri anda, anda pun dapat mencegah jerawat itu datang kembali untuk menghancurkan kepercayaan diri anda. Jadi tanpa membuang-buang waktu Anda, mari kita menggali lebih dalam untuk mengetahui apa alasan di balik tumbuhnya jerawat untuk menyingkirkan jerawat dari hidup Anda.

Sumber dan Penyebab Dari Jerawat

Kami telah melalui banyak penelitian untuk mengenali sumber atau akar permasalahan dari timbulnya jerawat. Sebenarnya jerawat dapat terjadi karena faktor internal dan external, faktor internal itu adalah penyebab timbulnya jerawat yang ada pada dalam diri kita, dan faktor external adalah penyebab jerawat yang ada di luar tubuh kita.

1) Pikiran Kotor

Apakah saya akan  berjerawat jika saya membayangkan seseorang dengan saya bersenang-senang di atas ranajang? Jika Anda mengajukan pertanyaan ini kepada saya, saya pasti akan menjawab - "YES". Terus terang, ketika Anda merasa atau membayangkan seseorang bersenang senang di atas ranjang dengan Anda akan menimbulkan hormon tubuh Anda menjadi meningkat secara drastis. Dan itu pasti akan menyebabkan anda lebih besar berpeluang timbulnya jerawat pada diri anda. Maka dari itu jika anda sering berfikiran kotor alangkah lebih baiknya jika anda menghilangkan sedikit demi sedikit fikiran tersebut dengan memikirkan hal yang lebih positif, dan jika anda sudah bisa mengendalikan fikiran anda maka dengan sendirinya hormon berlebih akan kembali normal sehingga mampu membuat jerawat anda hilang dengan sendirinya.

2) Memiliki Seorang Pacar

Penyebab lain dari jerawat pada saat anda mendapatkan kegembiraan hormon. Dan dengan tiba tiba membuat wajah kita berjerawat, pada dasarnya memang pengaruh fisikologis kita yang sedang bermain dalam kasus ini, karena pada saat kita sedang menyukai seseorang secara tidak langsung hormon kita tidak akan seimbang dan alhasil dapat membuat kita berjerawat.

3) Sleepless Nights

Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup itu bisa menjadi masalah yang sangat penting untuk penyebab jerawat anda. Kadang-kadang kita melihat film sampai larut malam, chatting dengan teman-teman untuk waktu yang lama di malam hari, atau melakukan pekerjaan lain sampai larut. Hal ini akan menyebabkan anda berjerawat, lingkaran hitam di bawah mata dan meningkatkan terjadinya sel-sel mati. Jadi apapun yang terjadi, kita harus sehat dan bugar, sehingga harus tidur dengan cukup untuk menghindari semua masalah ini.

4) Polusi Dan Debu

Sekarang ini polusi menjadi benar-benar bahaya dan menjadi penyebab dari  masalah kesehatan akhir akhir ini. Hal ini menjadi meningkatkan kemungkinan mengalami masalah kesehatan dan penurunan rentang hidup manusia. Ketika kita datang k satu tempat dengan folusi udara yang besar, pori-pori wajah kita bisa tertupup dengan debu dan akan menghentikan aliran keringat sehingga menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.

5) Sel Mati

Setiap harinya begitu banyak reaksi internal yang terjadi di tubuh kita. Sel bekerja untuk kita secara terus menerus. Sel dan jaringan yang mati karena masa hidup mereka selesai pun ada setiap harinya. Jadi sel-sel mati itu dapat masuk ke dalam pori-pori dan menutup folikel rambut pada wajah. Seperti yang saya katakan sebelumnya, dan ini dapat menyebabkan jerawat.

6) Popping jerawat

Poping jerawat adalah metode memecahkan jerawat atau memencet jerawat, perlu kita ketahui jika kita melakukan hal ini tidak dengan benar maka bukan dapat menghilangkan jerawat malah kita akan mendapatkan jerawat yang lebih banyak, karena nanah atau kotoran jerawat yang kita keluarkan akan dapat mempengaruhi pori pori pada area kulit wajah yang tidak terkena jerawat sehingga tanpa kita sadari akan timbul jerawat lain di kulit yang tercemar itu.

7) Makanan

Beberapa orang mengatakan makanan memiliki dampak sendiri pada terjadinya jerawat. Tapi beberapa orang mengatakan, makanan tidak mempengaruhi jerawat atau menyebabkan jerawat. Tapi dalam pandangan saya, mereka berdua benar karena kita tidak tahu bagaimana tubuh kita bereaksi untuk salah satu item makanan yang berbeda. Baca artikel ini untuk mengetahui makanan yang menyebabkan jerawat.

8) Faktor Usia

Remaja lebih sering mengalami frustrasi oleh masalah jerawat daripada orang dewasa, karena mereka lebih aktif dalam segala hal di banding dengan orang yang sudah tua atau dewasa sehingga lebih berpeluang mendapatkan ganggua jerawat testosteron dan androgen.

Artikel terkait

9) Stres Mental

Pada remaja yang sedang mengalami tekanan seperti akan menghadapi ujian atau masalah percintaan akan berpengaruh terhadap mental, dan banyak pakar kesehatan yang memprediksikan penyebab dari jerawat adalah karena stres mental tersebut. Studi kasus dari dokter yang berbeda mengatakan ada hubungan langsung antara stres psikologis dan sekresi sebum.

10) Genetik

Gen pasti akan menjadi salah satu faktor tambahan pada terjadinya jerawat. Ayah dengan jerawat atau ibu yang berjerawat di masa lalu akan secara otomatis berdampak kepada anaknya. Kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk masalah jerawat seperti ini, tetapi kita cukup menjaga agar jerawat kita tidak meradang saja.

Beberapa penyebab jerawat yang di sebutkan di atas adalah beberapa faktor internal dan eksternal dalam timbulnya jerawat. Sekarang mari kita telaah satu persatu untuk mengetahui penyebab dari jerawat yang kita alami selama ini untuk dapat menyingkirkan jerawat. Karena hal yang terbaik dari cara menghilangkan jerawat adalah kita harus tau terlebih dahulu penyebabnya sehingga kita dapat menghilangkan jerawat dengan aman tanpa perlu takut jerawat tersebut akan kembali datang di wajah kita.

Cara Mudah Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat

with 0 Comment
Lidah adalah bagian yang sangat sensitif dari tubuh, sehingga jika lidah kita sakit dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan yang akan kita rasakan. Sakit pada lidah biasanya di awali dengan munculnya benjolan kecil, benjolan merah atau luka pada daerah bawah lidah. Pada khasus tertentu kadang luka tersebut berada pada kulit bibir atau kulit pipi bagian dalam.

Cara Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat
Cara Mengobati Luka Akibat Panas Dalam Dengan Cepat

Tidak ada penyebab yang pasti khususnya untuk lidah sakit. Namun, penyebab paling umum adalah tidak sengaja menggigit lidah atau melukai lidah saat menggunakan tusuk gigi atau sikat gigi.

Penyebab lain diantaranya infeksi virus, faktor keturunan, perubahan hormon dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh lemah, makan terlalu pedas dan makanan asin, gangguan usus atau perut, stres, dan kekurangan mineral dan vitamin seperti seng, asam folat, zat besi dan Vitamin B.

Beberapa solusi alami dapat membantu menyembuhkan dan meringankan rasa sakit jika kita terserang panas dalam. Namun, jika rasa sakit dan peradangan terjadi selama seminggu, konsultasikan dengan dokter atau dokter gigi anda.

Cara Mengobati Luka Pada Lidah, Bibir, Dan Gusi Akibat Panas Dalam

1. Aloe Vera

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Lidah Buaya
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat kuratif dan penyembuh yang dapat mengobati banyak masalah mulut, termasuk panas dalam. Kandungan anti inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Gel yang sudah di haluskan dari daun lidah buaya dapat digunakan langsung pada daerah yang terkena luka. Ulangi beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah untuk membilas mulut Anda dengan jus lidah buaya 3 atau 4 kali sehari, atau anda bisa mengkonsumsi jus lidah buaya untuk menambah daya tahan tubuh anda dan secara tidak langsung dapat membuat panas dalam anda terselesaikan.

Ikuti salah satu dari cara di atas ini setiap hari sampai rasa sakit dan peradangan hilang.

2. Baking Soda

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Baking Soda
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Baking Soda

Untuk mengobati luka akibat panas dalam, baking soda juga merupakan obat yang baik. Ia memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.
  • Campuran ½ sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah yang terkena luka selama 1 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakan larutan sebagai obat kumur lakukan beberapa kali sehari.
  • Gunakan salah satu dari cara pengobatan ini 3 atau 4 kali sehari sampai masalah lidah luka anda hilang.

3. Hidrogen Peroksida

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Hidrogen Proksida
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Hidrogen Proksida

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang sangat efektif terhadap lidah sakit. Ia memiliki sifat antibakteri yang kuat yang mengurangi risiko infeksi. Gunakan hanya 3 persen hidrogen peroksida.
  • Campur 3 persen hidrogen peroksida dan air hangat.
  • Oleskan pada daerah yang luka menggunakan kapas bersih.
  • Biarkan selama beberapa detik, lalu bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Lakukan ini beberapa kali sehari selama beberapa hari.

4. Garam

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Garam
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Garam

Garam adalah antiseptik alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati lidah, gusi dan bibir sakit akibat panas dalam. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit serta peradangan. Selain itu dapat mencegah infeksi.
  • Campurkan 1 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Aduk rata dan gunakan sebagai obat kumur untuk membilas mulut anda sebanyak 3 atau 4 kali sehari sampai sakit tersebut sembuh.
  • Anda bahkan dapat menerapkan sedikit garam secara langsung langsung pada daerah yang luka untuk membantu meringkan sakit. Namun, rasa pedih di awal akan anda rasakan.

5. Akar Manis

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Akar Manis
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Akar Manis

Sifat dari akar manis adalah sebagai obat untuk kerusakan sel kulit dan penghilang rasa sakit yang sangat efektif dalam mengobati lidah,gusi, dan kulit bibir sakit. Tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan dan meringankan sakit pada daerah yang luka.
  • Campurkan 1 sendok teh bubuk akar manis dengan air secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada daerah yang luka dengan kapas. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga dapat membuat obat kumur dengan merendam 1 sendok makan akar manis dalam 2 gelas air panas selama 3 jam. Gunakan sebagai obat kumur beberapa kali sehari.
Catatan: Mereka yang menderita tekanan darah tinggi tidak di anjurkan untuk menggunakan metode pengobatan ini.

6. Lavender Essential Oil

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Minyak Lavender
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Minyak Lavender

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial lavender yang harum untuk mengobati lidah sakit Anda. Minyak ini membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain itu, akan membantu mempercepat penyembuhan dan perbaikan kulit yang luka.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender ke secangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur dan lakukan beberapa kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur 3 tetes minyak esensial lavender, 1 sendok teh madu dan ¼ cangkir air panas. Kemudian, encer dengan segelas ½ air dingin. Cara ini bisa anda pergunakan sebagai obat kumur dan lakukan beberapa kali dalam sehari.
Catatan: Jangan menelan minyak esensial lavender. Karena dapat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Artikel terkait :

7. Madu

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Madu
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Madu

Madu memiliki sifat menenangkan dan kuratif yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka akibat sariawan.
  • Oleskan sedikit madu pada bagian yang lidah, kulit bibir atau gusi yang sakit, anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari sampai kondisi anda lebih baik.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh kunyit untuk membuat pasta. Mengoleskannya pada luka anda, dan diamkan setidaknya selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan metode ini 3 atau 4 kali sehari selama beberapa hari.

8. Sage

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Sage
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Sage
Sage adalah pilihan lain yang efektif untuk mengobati luka pada lidah, bibir dan gusi akibat panas dalam yang dapat anda lakukan di rumah. Sifatnya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, memiliki efek astringent dan penyembuh pada luka.
  • Rebus segenggam daun sage segar dalam 3 sampai 4 cangkir air selama 2 menit, kemudian didihkan selama 5 menit. Saring, dan jadikan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.
  • Pilihan lain adalah untuk menerapkan bubuk daun saga langsung pada sakit. Lakukan ini 3 atau 4 kali sehari.

9. Cabe Rawit


Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Cabe Rawit
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Cabe Rawit
Bagi sebagian orang pasti akan merasa aneh jika mereka yang sedang luka di obati dengan cabe, namun cabe rawit mengandung capsaicin yang sementara dapat meringannkan rasa sakit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan cabai rawit untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka panas dalam dan peradangan.
  • Siapkan pasta dengan sedikit cabe rawit yang sudah di haluskan dan beberapa tetes air. Oleskan pasta pada daerah yang luka. Ini akan menyebabkan sakit yang sangat hebat pada awalnya, tetapi rasa sakit itu bersamaan dengan bekerjanya cabe rawit dalam proses penyembuhan. Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Pilihan lain adalah anda dapat langsung menempelkan kulit cabe rawit bagian dalam ke luka anda.

10. Alum

Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Tawas
Cara Mengobati Luka Panas Dalam Dengan Tawas

Tawas (Alum) adalah kelompok garam rangkap berhidrat berupa kristal dan bersifat isomorf. Kristal tawas ini cukup mudah larut dalam air, dan kelarutannya berbeda-beda tergantung pada jenis logam dan suhu, untuk penjelasan lebih lengkap silahkan baca pada wikipedia. Alum memiliki sifat astringent dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan serta dapat mempercepat penyembuhan dengan menghapus kelembaban pada bagian yang sakit.
  • Oleskan sedikit bubuk tawas langsung pada daerah yang terkena.
  • Diamkan selama 1 menit. Jangan menelan tawas.
  • Setelah satu menit, ludahkan air liur Anda dan tawas.
  • Bilas mulut Anda dengan air.
  • Ulangi proses pada hari berikutnya, jika diperlukan.

Tips Tambahan

  • Jika anda tidak mengalami gigi yang sensitif anda dapat menggunakan air es sebagai obat kumur untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat.
  • Minum suplemen vitamin B12 untuk mencegah luka yang meluas.
  • Jika Anda alergi terhadap makanan seperti cokelat, jeruk, nanas, stroberi, telur, keju, kacang-kacangan, dan kopi, hindari makanan ini.
  • Penting untuk membersihkan lidah dan seluruh bagian mulut Anda juga agar tetap bersih dan bebas dari infeksi sambil anada menyikat gigi.
  • Teratur bilas mulut Anda dengan obat kumur untuk mencegah infeksi.
  • Jangan merokok atau berhenti merokok pada saat anda luka karena dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Pasta gigi yang mengandung senyawa yang disebut "sodium lauryl sulfate" karena dapat menyebabkan cedera pada sel-sel kulit yang melapisi bagian dalam mulut.
  • Pastikan pada saat anda menggosok gigi menggunakan sikat yang berbulu lembut.

Cara Mengatasi atau Mengobati Gusi Bengkak Dengan Tepat

with 0 Comment
Pembengkakan gusi adalah masalah umum. Jaringan tebal, berserat dan penuh dengan pembuluh darah adalah yang membentuk gusi. Oleh karena itu, ketika ada pembengkakan, gusi dapat menonjol dan akan berubah warna menjadi merah tua bukan tampak pink warna normal gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Cepat
Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Cepat

Pembengkakan gigi dapat menyebabkan gusi menjadi teriritasi, sensitif dan bahkan sangat menyakitkan. Gusi juga dapat lebih mudah berdarah saat anda menyikat atau flossing gigi. Pembengkakan gusi dapat disebabkan oleh sejumlah masalah, seperti radang gusi, infeksi, kekurangan gizi atau kehamilan.

Penyebab umum lainnya adalah gigi palsu kurang pas atau peralatan gigi lainnya, merokok berlebihan atau penggunaan produk tembakau lainnya, kepekaan terhadap pasta gigi atau obat kumur, cedera atau menyikat yang salah atau teknik flossing. Anda dapat menenangkan rasa sakit dan pembengkakan gusi dengan rajin menjaga kebersihan mulut dan pengobatan yang tepat. Namun, jika Anda memiliki gusi bengkak dan tidak ada pembaikan selama lebih dari dua minggu, segera anda hubungi dokter gigi Anda.

Berikut adalah Cara Mengatasi Gusi Bengkak Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah

1. Kompres Dengan Air Hangat Atau Air Dingin

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cepat
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Kompres

Kompres dengan air hangat atau air dingin dapat memberikan bantuan cepat untuk menetralisir rasa sakit akibat gusi bengkak karena dengan kompres air dingin atau air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan. Anda hanya perlu mengkompres pipi bagian luar saja jangan langsung pada gusi yang bengkak.
  • Rendam kain bersih dengan air hangat kemudian peras.
  • Tempelkan kain yang telah di rendam pada wajah Anda selama 5 menit.
  • Berikutnya, bungkus es batu dengan plastik kemudian balut dengan handuk tipis tempelkan pada pipi Anda sampai area pipi sedikit mati rasa.
  • Ulangi cara ini 2 atau 3 kali lebih.
  • Gunakan cara ini sesuai kebutuhan.

2. Air Garam

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Air Garam
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Air Garam

Garam adalah obat lain yang efektif untuk gusi bengkak. Menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan mencegah infeksi yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulut.
  • Setelah menyikat gigi dengan sikat gigi, gosok dengan halus gusi Anda dengan garam selama beberapa detik. Bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari. Setelah gusi Anda sehat lagi, lakukan cara ini 3 kali seminggu untuk mencegah pembengkakan kembali kambuh.
  • Pilihan lain adalah dengan menambahkan ½ sampai 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan menggunakannya obat kumur untuk mulut Anda lakukan dua kali sehari sampai bengkak mereda.

3. Hidrogen Peroksida

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Hidrogen Peroksida
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan sakit akibat gusi bengkak. Hidrogen peroksida bahkan bisa membantu membunuh kuman dan melawan masalah mulut lainnya. Untuk kesehatan mulut, gunakan 3 persen larutan hidrogen peroksida saja.
  • Campur dari 3 persen larutan hidrogen peroksida dan air. Kumurkan sekitar gusi dan gigi selama 30 detik. Bilas dengan air hangat.
  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan hidrogen peroksida secukupnya untuk membuat pasta. Gosokkan pasta ini pada gusi Anda, tunggu 1 menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air.
  • Gunakan salah satu dari perawatan di atas ini 2 atau 3 kali dalam seminggu.
Catatan: Pastikan Anda tidak menelan hidrogen peroksida.

4. Kunyit

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Kunyit
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Kunyit

Kunyit juga merupakan obat yang baik untuk gusi bengkak. Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Selain itu, mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan beberapa masalah mulut.
  • Mix ¼ sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ini pada gusi dengan jari yang sudah anda bersihkan.
  • Biarkan selama 5 menit, kemudian pijat dengan lembut selama 1 menit.
  • Bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari selama 1 sampai 2 minggu.

5. Ampas Teh Celup

Cara mengobati Gusi Bengkak Dengan Ampas Teh
Cara mengobati Gusi Bengkak Dengan Ampas Teh

Ampas teh celup memiliki tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Selain itu, sifat antioksidan dapat meningkatkan kesehatan mulut dengan baik.
  • Seduh teh celup dalam air mendidih selama 2-3 menit.
  • Keluarkan dan biarkan dingin pada suhu ruangan.
  • tempelkan kantong teh celup pada daerah yang bengkak selama 10 sampai 15 menit.
  • Bilas mulut Anda dengan larutan air garam yang hangat.
  • Ulangi satu kali sehari selama beberapa hari.

6. Aloe Vera

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Lidah Buaya
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Lidah Buaya

Obat lain yang efektif untuk mengobati bengkak dan pendarahan gusi adalah lidah buaya. Tanaman ini memiliki anti inflamasi serta sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak di mulut dan menenangkan gusi yang meradang.
  • Belah lidah buaya dan ambil daging atau jelnya.
  • Gosokan atau oleskan pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan.
  • Pijat secara lembut selama 1 sampai 2 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai ada perbaikan kondisi pada gusi Anda.

7. Ekstrak Minyak Pohon Teh

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Minyak Pohon Teh
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh mengandung sifat antibiotik dan anti inflamasi yang dapat memberikan bantuan dengan cepat untuk gusi yang teriritasi dan meradang.
  • Campur beberapa tetes minyak pohon teh dalam segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur dua kali sehari.
  • Sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung minyak pohon teh sebagai bahan utama untuk meringankan ketidaknyamanan akibat gusi bengkak.
  • Ikuti cara pengobatan ini setiap hari sampai gusi Anda terlihat sehat kembali.
Catatan: Pastikan untuk tidak menelan minyak pohon teh. Karena dapat menyebabkan masalah perut.

8. Minyak Wijen

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Minyak Wijen
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Minyak Wijen

Apakah itu gusi meradang atau masalah gigi lainnya, minyak wijen adalah cara yang baik untuk mencegah masalah kesehatan mulut. Cara yang dilakukan Ayurvedic kuno ini membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut yang menyebabkan infeksi. Bahkan mencegah pembentukan plak dan menguatkan gusi.
  • Masukan 1 sendok makan minyak wijen di mulut Anda.
  • kumur minyak di sekitar mulut Anda selama 15 sampai 20 menit.
  • Ludahkan minyak, lalu bilas mulut Anda secara menyeluruh dengan air hangat.
  • Setelah itu, sikat gigi anda.
  • Lakukan setiap hari di pagi hari sebelum menyikat gigi.
Catatan: Jangan menelan minyak yang setelah di kumurkan.

9. Vitamin D

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Makanan Vitamin D
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Makanan Vitamin D

Jika Anda sering memiliki gusi bengkak, meningkatkan asupan vitamin D baik sekali untuk meringankan masalah gusi bengkak anda. Vitamin D memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah pembengkakan itu kembali terjadi.Vitamin D juga membantu tubuh agar dapat memanfaatkan kalsium secara penuh dari makanan diet Anda, sehingga meningkatkan kesehatan periodontal dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.
  • Cara mudah yang dapat membantu tubuh Anda menambah vitamin D dengan menjemur diri Anda pada sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari.
  • Makan makanan yang kaya vitamin D seperti salmon, telur, biji bunga matahari dan minyak ikan.
  • Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi suplemen, setelah konsultasi dengan dokter.

10. Nutrisi Tepat

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Nutrisi Tepat
Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Nutrisi Tepat

Nutrisi yang tepat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan gusi dan gigi. Pastikan Anda mendapatkan kalsium, vitamin C dan asam folat yang cukup dari makanan yang anda konsumsi untuk mencegah gusi bengkak. Kekurangan dari setiap nutrisi ini dapat menyebabkan peradangan pada gusi.
  • Makan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi, kiwi, nanas, paprika, brokoli, kubis Brussel, melon dan yang lainnya.
  • Makan makanan yang kaya kalsium, seperti susu, sarden, tofu, ikan salmon, susu kedelai, sereal dan collard hijau.
  • Makan makanan dengan kadar tinggi asam folat, seperti brokoli, asparagus, kacang polong, kacang-kacangan, lentil dan alpukat.
Jika diperlukan, Anda dapat mengkonsumsi suplemen, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips Tambahan

  1. Sikat dan bersihkan seluruh bagian mulut secara teratur, terutama setelah makan.
  2. Hindari menyikat terlalu kasar karena dapat mengiritasi gusi Anda.
  3. Mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan dan menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
  4. Hindari makanan dan minuman yang sangat panas atau sangat dingin.
  5. Hindari produk tembakau dan alkohol karena dapat memperburuk pembengkakan.
  6. Minum banyak air sepanjang hari untuk merangsang produksi air liur, yang secara alami aka membantu membunuh bakteri.
  7. Mengurangi stres karena dapat memperburuk kondisi Anda.
  8. Kunjungi dokter gigi Anda setidaknya setiap enam bulan sekali untuk pemeriksaan.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Cepat

with 0 Comment
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Cepat
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Cepat
Kadang-kadang makanan dingin, panas, manis atau asam dapat memicu nyeri tajam yang tiba-tiba jauh ke tunas dalam ujung saraf gigi Anda. Rasa yang tidak nyaman ini dikenal sebagai gigi sensitif.

Akar gigi mengandung ribuan tubulus kecil (saluran) yang mengarah ke pulpa atau pusat saraf gigi ini. Panas, dingin atau manis dapat melakukan rangsangan  yang berjalan melalui tubulus untuk mencapai saraf gigi Anda ketika dentin Anda (penutup pada akar gigi yang) menjadi terbuka karena surutya jaringan gusi. Sensitifitas gigi dapat disebabkan oleh kerusakan gigi (gigi berlubang), gigi retak, penyakit gusi, enamel gigi aus dan akar gigi yang terbuka.

Penuaan, menggunakan produk untuk gigi yang salah dan banyak mengkonsumsi makanan asam juga dapat berkontribusi untuk terjadinya masalah gigi sensitif. Untungnya gigi sensitif masih bisa diobati, apapun penyebabnya. Ada beberapa solusi yang dapat Anda coba di rumah untuk membantu dan mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif.

Berikut adalah 10 cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengatasi gigi sensitif dengan cepat.

1. Virgin coconut oil

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Minyak Kelapa Murni
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Minyak Kelapa Murni

Virgin coconut oil dapat membantu mengurangi jumlah bakteri Streptococcus mutans di mulut Anda dan mengurangi sensitifitas gigi. Virgin coconut oil menjadi antibakteri alami, dan juga dapat membantu mengurangi plak di gigi Anda. Bahkan, Virgin coconut oil juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah masalah seperti sakit gigi, bau mulut, dan penyakit gusi.
  • Masukan 1 sendok makan virgin coconut oil  ke dalam mulut Anda.
  • Kumurkan selama 20 menit.
  • Ludahkan minyak dan bilas mulut Anda dengan air hangat.
  • Setelah membilas, sikat gigi Anda seperti biasa.
  • Lakukan setiap hari ini di pagi hari sebelum makan atau sebelum menyikat gigi.
Anda juga dapat mengganti virgin coconut oil dengan minyak wijen.

Catatan: Jangan menelan minyak yang di pakai untuk berkumur, karena mengandung bakteri berbahaya dari mulut Anda.

2. Air Garam

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Air Garam
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Air Garam

Air garam juga dapat membantu mengurangi gigi sensitif dengan cepat. Air garam meningkatkan keseimbangan pH mulut, sehingga menciptakan kondisi kelembaban di sekeliling mulut yang baik sehingga bakteri berbahaya tidak bisa bertahan hidup di dalam mulut anda. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi serta membantu mengobati luka gusi dan efek samping dari perawatan gigi dengan bahan kimia.
  • Campur ½ sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat
  • Bilas mulut Anda dengan larutan garam air ini.
  • Jika ketika anda berkumur dengan air garam ini merasakan, cobalah untuk menahan rasa sakit tersebut selama beberapa menit
  • Ludahkan air garam dan bilas mulut Anda dengan air biasa.
  • Ulangi dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Cengkeh atau Minyak Cengkeh

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Minyak Cengkeh
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Minyak Cengkeh

Cengkeh telah banyak digunakan dalam dunia kedokteran terutama untuk kesehatan gigi yang berguna sebagai anti-inflamasi, anestesi dan antibakteri cengkeh dan minyak cengkeh juga dapat membantu anda mengurangi rasa sakit gigi dan melawan infeksi di dalam mulut.

Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Avicenna Phytomedicine menemukan bahwa ekstrak air cengkeh memiliki efek analgesik sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi nyeri akibat gigi yang sensitif dan sakit gigi.

Gunakan salah satu cara pengobatan dengan memanfaatkan cengkeh berikut dua kali sehari selama beberapa hari:
  • Menghaluskan 2 biji cengkeh, campurkan sedikit minyak zaitun dan tempelkan campuran tersebut pada gigi Anda diamkan selama 30 menit.
  • Oleskan bola kapas dalam minyak cengkeh dan letakkan langsung pada gigi Anda selama 20 sampai 30 menit.
  • Campur 5 atau 6 tetes minyak cengkeh dalam ½ gelas air hangat. Bilas mulut Anda dengan air larutan minyak cengkeh ini.

4. Daun Jambu

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Daun Jambu Biji
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Daun Jambu Biji

Banyak pakar medis yang merekomendasikan menggunakan daun jambu biji untuk sakit gigi. Bila Anda menderita nyeri karena gigi sensitif, cobalah cara kuno ini yang dapat membantu anda menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Menurut penelitian pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharma dan Bio Sciences, daun jambu biji mengandung flavonoid, seperti quercetin, Keampferol, anti inflamasi, dan analgesik  yang berguna untuk menghilangkan radikal bebas. Dengan demikian, daun jambu biji dapat anda mamfaatkan untuk membantu meringankan gigi sensitif dan sakit gigi.

Gunakan salah satu dari cara berikut sebanyak 2 atau 3 kali sehari:
  • Mengunyah 1 atau 2 lembar oucuk daun jambu biji segar selama beberapa menit dan kemudian meludahkannya.
  • Masukan 4-5 daun jambu biji dalam 1 cangkir air dan didihkan selama 5 menit. Biarkan agak dingin, kemudian tambahkan garam dan gunakan untuk berkumur.

5. Bawang putih

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Bawang Putih
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Bawang Putih

Bawang putih juga membantu mengurangi sakit akibat gigi sensitif. Hal ini disebabkan karena tingginya allicin yang dapat dijadikan antibakteri yang sangat kuat.

bawang putih dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif serta infeksi gusi. Dengan bawang putih juga dapat membantu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi mulut dan gigi berlubang.
  • Membuat pasta dengan mencampurkan 1 siung bawang putih yang sudah di haluskan dengan 2 atau 3 tetes air dan garam. Oleskan langsung pada gigi diamkan beberapa menit sebelum anda membilasnya dengan air garam hangat. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Atau, potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian kemudian gosokan selama sepuluh sampai dua pukuh menit bagian dalam bawang putih ke gigi yang sensitif dan bilas degan ait hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif.

6. Bawang Merah

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Bawang Merah
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Bawang Merah

Bawang merah mengandung flavonoid quercetin, yang memiliki sifat anti inflamasi. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh gigi yang sensitif. Juga, sifat antimikroba dari bawang merah dapat membantu membunuh bakteri berbahaya dalam mulut yang menyebabkan infeksi mulut.
  • Potong bawang hingga ukurannya cocok jika di masukan ke dalam mulut anda.
  • Tempelkan potong kecil bawang pada gigi yang sensitif.
  • Diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  • Bilas mulut Anda dengan air garam untuk mencegah napas yang bau bawang.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari selama beberapa hari.

7. Oregano Oil

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Oregano Oil
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Oregano Oil

Oregano oil atau minyak selasih dapat di gunakan untuk menghilangkan gigi sensitif, minyak oregano sangat efektif karena sifat antioksidan, antibakteri, dan anti inflamasi.
  • Masukan 2 atau 3 tetes minyak oregano di jari Anda jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu jari anda oleskan dengan lembut pada gigi yang sensitif. Diamkan selama 10 sampai 15 menit sebelum membilas mulut Anda dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Atau, campuran 4 sampai 5 tetes minyak oregano ke ¼ cangkir air hangat. Menggunakan jadikan sebagai obat kumur, lakukan 2 atau 3 kali dalam sehari selama beberapa hari.
Artikel terkait :

8. Hidrogen Peroksida

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Hidrogen Proksida
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Hidrogen Proksida

Bagi anda yang belum tau apa itu hidrogen peroksida, Hidrogen peroksida adalah cairan bening, agak lebih kental daripada air, yang merupakan oksidator kuat. Senyawa ini ditemukan oleh Louis Jacques Thenard pada tahun 1818. Untuk lebih jelasnya anda bisa membacanya di wikipedia.

Hidrogen peroksida dapat membantu memerangi sakit gigi. Karena mengandung antibakteri sehingga dapat membunuh kuman yang mengakibatkan sakit gigi dan masalah gigi lainnya. Selain itu juga hidrogen peroksida bisa membantu memutihkan gigi Anda.Untuk kesehatan mulut gunakan 3 persen larutan hidrogen peroksida saja.
  • Campur 3 persen hidrogen peroksida dan air.
  • Gunakan sebagai obat kumur.
  • Lakukan ini 2 atau 3 kali dalam seminggu.
Catatan: Pastikan untuk meludahkan obat kumur dari hidrogen peroksida sepenuhnya.

9. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Asam

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Mengurangi Makanan Asam
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Mengurangi Makanan Asam

Sering konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan asam yang tinggi dapat menghilangkan email gigi, yang dapat membuka dentin gigi. Lakukan salah satu tips berikut untuk mengurangi erosi enamel dan gigi sensitif yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang mengandung keasaman tinggi:
  • Menghindari atau membatasi makanan dan minuman yang mengandung asam tinggi
  • Setelah makan dan minum makanan atau minuman yang mengandung tingkat keasaman tinggi, minum air putih yang banyak untuk menyeimbangkan kadar asam di mulut Anda.
  • Hindari menggosok gigi setelah makan atau minum makanan atau minuman yang asam karena dapat merusak enamel gigi. Tunggu 30 menit, sebelum anda menggosok gigi.

10. Menjaga Kebersihan Mulut

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Menjaga Kebersihan Mulut
Cara Mengatasi Gigi Sensitif Dengan Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah cara yang terbaik untuk membantu mencegah radang, sakit gusi, gigi retak dan penumpukan plak pada permukaan akar yang menyebabkan gigi sensitif. Sangat penting untuk membersihkan gigi, mulut, gusi dan lidah secara menyeluruh dengan mengikuti cara yang tepat menyikat gigi dan teknik membersihkan mulut.
  • Sikat gigi Anda dengan menggunakan sikat gigi lembut dua kali sehari. Jangan menggunakan sikat gigi berbulu keras.
  • Gunakan pasta gigi desensitizing untuk membantu mengurangi sakit agibat gigi sensitif. Bahan dalam pasta gigi ini bekerja mengisi tubulus dentin pada bagian gigi yang dentinnya terbuka.
  • Gunakan obat kumur fluorinated untuk mengurangi kandungan asam yang tinggi di mulut Anda yang dapat memperburuk kondisi gigi sensitif anda.
  • Bersihkan sela gigi dengan benang khusus pembersih gigi dua kali dalam seminggu

Tips Tambahan

Menggesekan gigi atas dengan gigi bawah mungkin bisa menghilangkan enamel gigi sehingga dapat membuka dentin gigi. Kebiasaan seperti ini bisa terjadi pada orang dimana orang tersebut merasa stres atau dalam kondisi dengan kecemasan yang tinggi, jika anda mengalami masalah seperti ini anda harus bisa mengatur emosi anda agar tidak berlebihan, cara sederhana anda bisa mengambil nafas dalam-dalam untuk membuat anda lebih rileks. 

Selain itu menggesekan gigi atas dan gigi bawah juga terjadi pada sebagian orang dimana orang tersebut sedang dalam kondisi tidur, jika anda mengalami kondisi seperti ini alangkah baiknya jika anda menggunakan pengaman gigi sebelum anda tidur.

Batasi penggunaan produk pemutih gigi, karena bahan kimia yang dikandungnya dapat merusak enamel gigi dan membuat gigi anda menjadi sensitif.

Hindari mengkonsumsi permen, karena dapat menyebabkan enamel abrasi dan gigi sensitif.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Bahan Alami

with 0 Comment
Banyak bintik hitam atau flek hitam dapat dengan mudah dan menghilangkan atau menghambat untuk kita dapat mengembalikan kulit wajah bercahaya. Bintik-bintik gelap pada wajah mungkin karena kelebihan sekresi melanin pada kulit. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini bisa terjadi karena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur dan terlalu banyak stres.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Bintik-bintik dan flek hitam pada wajah bisa membuat kita merasa minder dan kehilangan percaya diri. Untungnya, ada banyak perawatan medis, seperti perawatan kulit dengan laser namun membutuhkan uang yang banyak. Bagi anda yang ingin cara sederhana, obat alami buatan sendiri juga dapat mengurangi munculnya bintik-bintik dan noda hitam lainnya pada wajah Anda.

Berikut adalah cara alami menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah :


1. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Air lemon

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Air lemon
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Air lemon

Sebuah solusi cepat dan mudah dapat anda temukan di dapur Anda atau toko jus lemon terdekat. Lemon memiliki vitamin C yang dapat menipiskan bintik gelap dan flek hitam pada wajah Anda. Sangat mudah untuk menerapkan.
  • Masukan beberapa bola kapas pada air lemon segar dan gosokkan langsung pada daerah kulit yang terkena flek hitam.
  • Biarkan hingga kering dan kemudian cuci muka anda dengan air biasa.
  • Lakukan cara ini selama 2 minggu setiap hari dan anda akan mendapat hasil yang bisa anda lihat, jika flek hitam anda sudah terlihat memudar anda bisa meneruskan cara ini untuk lebih mendapatkan hasil yang sempurna.

Jika Anda memiliki kulit tipis atau sensitif, Anda bisa mencaimpurkan air lemon tadi dengan air atau madu. Anda juga dapat menggunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan flek hitam, penerapkannya dengan cara yang sama seperti dijelaskan di atas.

2. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Buttermilk

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Buttermilk
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Buttermilk

Buttermilk juga bermanfaat dalam menghilangkan flak hitam seperti jus lemon. Buttermilk juga membantu memudar noda dan flak hitam tapi tanpa menyebabkan iritasi atau kulit terasa terbakar.
  • Ambil empat sendok teh buttermilk.
  • Tambahkan dua sendok teh jus tomat segar.
  • Campurkan dua bahan (keduanya memiliki sifat pemutihan yang sangat baik) dan kemudian mengoleskan ke kulit anda.
  • bilas setelah anda mendiamkannya selama 15 menit.

Asam laktat dalam susu juga secara bertahap akan mengurangi pigmentasi kulit, dan mencerahkan serta mengencangkan kulit Anda secara keseluruhan. Jadi, jika Anda tidak memiliki buttermilk, anda cukup rendam bola kapas dalam susu dan oleskan langsung di kulit anda Anda. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas. Ulangi cara ini dua kali sehari selama empat sampai lima minggu.

Anda juga dapat menyiapkan cara lain dengan mencampur susu dan madu setelah itu mengoleskan ke kulit anda yang ada flak hitamnya, diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

3. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Oats

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Oats
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Oats

Bubuk oatmeal dianggap baik untuk pengelupasan kulit. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan masker oatmeal pada wajah dan leher untuk menghilangkan kulit mati dan flek hitam.
  • Menggiling setengah cangkir oatmeal.
  • Tambahkan 3-4 sendok makan jus lemon untuk membuat pasta.
  • Jaikan masker ke wajah anda dan setelah itu bilas dengan air hangat ketika masker tersebut sudah mengering.

Jika anda merasa kerepotan jika harus membilasnya, anda bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi air hangat untuk menghilangkan masker. Ikuti cara perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

4. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Almond

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Almond
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Almond

 

  • Ambil 8-10 almond dan rendam dalam susu selama semalam.
  • Kupas kulit almond dan haluskan almond yang sudah di rendam semalam.
  • Sekarang, tambahkan satu sendok teh bubuk dan setengah sendok teh madu di dalamnya.
  • Campuran ketiga bahan tersebut untuk membuat pasta halus.
  • Oleskan pada wajah Anda.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bilas.

5. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Minyak Kayu Cendana

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Minyak Kayu Cendana
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Minyak Kayu Cendana

Minyak kayu cendana adalah pilihan lain yang efektif.
  • Buatlah pasta dari minyak kayu cendana, gliserin dan air mawar. (Jika Anda tidak memiliki air mawar, Anda bisa menggunakan susu atau madu.)
  • Oleskan pasta untuk daerah kulit yang terkena flek hitam, diamkan selama beberapa menit. Cuci dengan air hangat.
Lakukan cara ini sekali sehari sampai bintik dan flek hitam Anda memudar.

6. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kentang


Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kentang
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kentang
Laci sayuran di kulkas Anda adalah bagian dari rumah yang apat menjai sumber solusi untuk flek bintik hitam atau bercak noda hitam. Kentang dapat digunakan dalam salah satu dari dua cara di bawah ini:
  • Mengiris kentang dan menempatkan satu slice langsung pada bintik-bintik hitam; biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat.
  • Anda juga dapat membuat masker wajah dengan menggabungkan kentang yang sudah di haluskan dengan madu.

Selain dengan kentang beberapa orang juga telah sukses menggunakan tomat sebagai pengganti kentang dalam metode ini untuk menghilangkan bintik hitam dan flek dalam beberapa minggu.

7. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Aloe Vera

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Aloe Vera
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Aloe Vera

Lidah buaya memiliki banyak sifat penyembuhan dan yang akan memperbaiki pori pori serta mengobati kulit anda yang rusak dimana sebagian besar noda hitam atau flek ada pada kulit yang rusak tersebut.
  • Oleskan daging lidah buaya yang sudah di haluskan pada kulit anda yang ada noda hitam dan flek hitam.
  • Kemudian pijat dengan lembut dengan ujung jari anda daerah yang ada flek hitamnya selama beberapa menit.
  • Ulangi cara ini sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu dan anda akan melihat hasilnya yaitu flek hitam yang memudar pada kulit.
Anda juga bisa menambahkan minyak Vitamin E dan minyak jarak yang juga berguna dalam menyingkirkan bintik-bintik hitam.

8. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kunyit

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kunyit
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Kunyit

Kunyit adalah bahan lain pencerah kulit yang populer dapat digunakan untuk menyingkirkan bintik hitam pada wajah Anda. Hal ini juga efektif untuk cepat menghapus flek hitam yang di sebabkan matahari dan flek hitam karena penuaan.
  • Buatlah pasta kental kunyit, susu dan jus lemon.
  • Jadikan pasta tersebut sebagai masker pada kulit di mana ada flek hitam terdapat.
  • Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Campuran lain yang dapat anda gunakan untuk membuat pasta kunyit adalah madu dan minyak zaitun oleskan dan pijat dengan lembut ke daerah kulit yang terkena flek hitam. Biarkan sampai benar-benar kering dan kemudian cuci dengan air.

9. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Pepaya

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Pepaya
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Pepaya

Enzim dalam pepaya dapat membantu mencerahkan warna kulit dan membantu dalam memudarkan flek hitam. Pepaya yang mengandung papain, enzim yang dapat mengelupas kulit sehingga mendorong produksi kulit baru, secara tidak langsung akan membuat kulit tampak lebih segar. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan dalam gunakan pepaya sebagai metode perawatan.
  • Terapkan pulp pepaya matang pada kulit dan biarkan selama sekitar 20 menit; kemudian bilas.
  • Pilihan lain adalah menghaluskan pepaya tambahkan air jeruk nipis ke dalam pepaya yang sudah di haluskan. Oleskan campuran ini ke flek hitam diamkan selama 15 menit sebelum anda membilasnya.
Anda juga dapat memanfaatkan kulit pepaya sebagai scrub yang sangat baik untuk lutut dan siku.

10. Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Bawang

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Bawang
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Bawang

Bawang yang sudah di haluskan menggunakan juicer, blender atau parutan dapat digunakan dalam beberapa cara.
  • Celupkan kapas bersih ke dalam jus bawang segar dan oleskan langsung pada daerah kulit yang terkena noda dan flek hitam dan biarkan hingga kering secara alami.
  • Pilihan lain adalah untuk membuat masker dari kombinasi satu sendok makan jus bawang dan dua sendok makan madu diamkan selama dua puluh menit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda dapat menambahkan beberapa tetes cuka dalam campuran ini.

Catatan penting:

Tergantung pada sejumlah faktor, pengobatan alami ini hanya dapat membantu untuk memudarkan bintik dan flek hitam di wajah anda dan tidak dapat menghapusnya secara keseluruhan. Untuk terapi yang lebih konvensional, Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit. Kondisi kulit anda yang mengalami flek hitam mungkin juga perlu diperiksa secara lebih lanjut oleh dokter untuk memastikan flek bukan karena kondisi kesehatan yang lebih serius.

Artikel Disarankan

Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Terbukti Ampuh

Obat sakit gigi adalah hal yang paling kita harapkan dikala kita sedang merasakan sakit gigi yang begitu hebat. Sakit gigi menjadi momok y...

Artikel Terbaru